Posted by : HMS BULLDOZER FT-UNG Senin, 16 Februari 2015

Perencanaan Teknik Penggantian Jembatan Ruas Taludaa (Batas Provinsi Sulut) - Pelabuhan Gorontalo


Pemerintah Propinsi Gorontalo c.q Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Gorontalo mempunyai wewenang dan tanggung jawab dalam pembinaan dan pengembangan sarana transparasi darat berupa jalan dan jembatan yang ada di wilayah Propinsi Gorontalo.

Sesuai dengan kewenangan dan dalam upayanya untuk meningkatkan prasarananya dan sarana jalan dan jembatan yang mendukung kegiatan transportasi serta untuk membuka daerah terisolir. Penembangan wilayah termasuk pengembangan sktor pariwisata, maka pemerintah dalam hal ini Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN)  provinsi gorontalo.mempunyai program pembinaan dan penanganan jalan dan jembatan yaitu antara lain dengan sistem manajemen terpadu jalan dan jembatan. perencanaan Teknis Jalan dan Jembatan serta berupa kegiatan Fisik/konstruksi. yang meliputi pembangunan/peningkatan/rehabilitas/pemeliharan jalan dan jembatan. baik pada ruas jalan arteri maupun kolektor.

mengingat kebutuhan akan penanganan jalan dan jembatan pada kegiatan fisik konstruksi khususnya kegiatan perencanaan teknis setiap tahunnya sangat banyak dan keterbatasan personil perencanaan yang ada distauan kerja perencanaan dan pengawasan jalan Nasional (P2JN) provinsi gorontalo.menyebabkan tidak memungkinkan untuk melakukan perencanaan teknis sendiri, dan untuk memperoleh hasil pembangunan konstruksi yang baik yaitu sesuai dengan rencana baik mutu maupun volume, dan sesuai tepat waktu, maka perlu diadakan kegiatan perencanaan teknik terlebih dahulu yang dilaksanakan oleh pihak lain yaitu oleh konsultan perencanaan tyang qualified.

Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMY bekerjasama dengan PT. Arss Baru (Konsultan) dan Prodi Teknik Sipil UNG (Universitas Negeri Gorontalo) telah melaksanakan perencanaan sebanyak 17 Jembatan di ruas Jalan Taludaa (Batang Provinsi Sulawesi Utara) - Pelabuhan Gorontalo, yaitu :

1.   Jembatan Huangobotu I Station KM 11 + 700
2.   Huangobotu II Station KM 12 + 120
3.   Jembatan Molotabu I Station KM 14 + 580
4.   Jembatan Molotabu II Station KM 14 + 800
5.   Jembatan Tolotio Station KM 28 + 450
6.   Jembatan Bilungala II Station KM 34 + 700
7.   Jembatan Bilungala III Station KM 35 + 200
8.   Jembatan Uabanga I Station KM 36 + 067
9.   Jembatan Kaidundu II Station KM 46 + 100
10. Jembatan Tombilato I Station KM 52 + 600
11. Jembatan Tombilato II Station KM 54 + 600
12. Jembatan Tombilato III Station KM 55+ 900
13. Jembatan Tombilato VI Station KM 56 + 900
14. Jembatan Monano II Station KM 60 + 963
15. Jembatan Monano VI Station KM 66 + 181
16. Jembatan Taludaa I Station KM 67 + 270
17. Jembatan Taludaa VI Station KM 67 + 450




© asat.staff.umy.ac.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Cari Artikel Disini Jo

Hak Cipta © HMS BULLDOZER FT-UNG | Himpunan Mahasiswa Sipil FT-UNG | Created by HMS "BULLDOZER" PERIODE 2015